6 Tips Memotret Saat Traveling

Pada saat traveling, memotret adalah suatu hal yang wajib. Terlebih lagi memotret selfie. Berikut adalah tips memotret dari saya sesuai dengan pengalaman sendiri, walaupun kebanyakan adalah hal yang umum. Semoga bermanfaat!

1. Lupakan Sejenak Tentang Kamera– Kebanyakan traveler atau wisatawan terburu-buru mengambil kamera mereka dan mulai memotret berkali-kali, bahkan sampai menghabiskan waktu untuk mengambil foto daripada menikmati pemandangan sebenarnya.

nikmati sejenak pemandangan, it's worth it!

Sejenak sesampainya di tempat tujuan, usahakan untuk menikmati apa yang terlihat dengan mata sendiri dibanding melalui lensa kamera. Itulah tujuan sebenarnya kita traveling, bukan?

2. Ambil Warna Terang – Pengambilan foto dengan komposisi warna dominan yang tepat dapat menimbulkan kesan tegas, dramatis dan enak untuk dilihat.

warna kontras membuat foto lebih menarik

Teliti objek yang akan difoto dan sesekali ambillah foto yang memiliki komposisi dominan. Usahakan hanya dengan 2 atau 3 komposisi warna dan memiliki 1 warna yang terang seperti (tidak terbatas pada) merah atau biru. Dominan warna merah dapat membangkitkan perasaan atau emosi, dan menciptakan kesan hangat. Sebagai tambahan, warna merah adalah warna yang sangat sensitif untuk mata manusia. Sebaliknya, warna biru dapat menciptakan kesan dingin dan sejuk. Bayangkan foto pemandangan langit dan es di antartika. Sedangkan warna hijau dapat menimbulkan kesan segar, bayangkan pemandangan hutan hujan ataupun kebun teh.

3. Masukkan Objek Papan Informasi –Dalam mengambil foto objek di jalan ataupun di pasar/market, cobalah untuk sesekali menyertakan objek papan informasi yang biasanya berisi nama tempat/jalan atau harga dari suatu makanan. Akan lebih menarik apabila papan tersebut berisi informasi dengan bahasa lokal setempat. Bayangkan foto papan nama jalan di Yogyakarta dengan huruf tradisional Jawa (sansekerta) atau memotret papan  berisi informasi tentang nama buah-buahan yang dijual dengan bahasa lokal di Perancis

4. Manusia Dalam Satu Frame –Sebaik apapun pemandangan, akan terasa lebih hidup apabila ada manusia di dalam satu foto dan dapat menimbulkan suatu pesan atau cerita di dalamnya.

objek manusia akan membuat foto lebih hidup

Salah satu efek lain dalam menyertakan manusia di dalam objek pemandangan adalah menimbulkan efek skala yang menegaskan betapa besarnya objek selain manusia. Bayangkan foto seseorang di bawah patung GWK. Jangan lupa untuk memotret orang-orang di tempat kalian berkunjung. Bisa jadi memotret supir taksi atau supir angkutan umum setempat, orang-orang yang membeli Koran atau kopi di kios pinggir jalan, polisi setempat yang sedang mengatur lalu lintas di persimpangan jalan dengan seragam khas setempat, ataupun seseorang yang sedang berjalan dengan hewan peliharaannya.

5. Cari Perspektif/Angle Lain –Memotret Candi Borobudur dari depan dengan tinggi setara mata kita? Atau memotret Menara Eiffel dari jauh dengan portrait mode? Cobalah untuk bereksperimen dengan memakai perspektif lain dalam memotret objek terkenal, taruh kamera setara dengan sepatu kalian atau membungkuk dan mengambil foto dari samping bawah dan tegaskan beberapa bagian dari objek terkenal tersebut akan menimbulkan ketertarikan tersendiri. Coba buatlah foto kalian lebih menarik dan unik dengan perspektif lain, karena sudah banyak yang memotret Candi Borobudur dari depan dengan tinggi setara mata kita.

6. Hindari Pose Membosankan –Selfie dengan senyum lebar atau foto keluarga di depan objek terkenal akan terlihat biasa saja. Cobalah untuk mengambil foto ketika teman atau keluarga kalian sedang menikmati makan siang atau bekalnya di pinggir pantai, atau memotret ketika mereka sedang tertawa ataupun sedang bercerita dan bersiaplah untuk melihat beberapa pose yang alami namun sangat menarik. Untuk selfie, cobalah untuk menggunakan pose berbeda seperti ekspresi terkejut, ekspresi konyol ataupun tertawa.

Selamat Mencoba!

Author: @lukzmamen

Advertisements

Budayakan Komen Yuk

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s