7 Tips Sederhana Irit Konsumsi BBM Mobil

Berkendara di Jakarta memang memiliki tantangan tersendiri bagi para pengemudi mobil, salah satunya, konsumsi BBM yang tinggi.

Kemacetan merupakan salah satu faktor boros BBM

BBM merupakan komponen utama untuk berkendara, baik motor ataupun mobil. Namun banyak yang kurang mengetahui bahwa meningkatkan efisiensi kinerja mobil sebenarnya dapat dilakukan dengan beberapa langkah sederhana, seperti:

  • Kondisi Mesin

Periksalah saringan udara (bersihkan jika perlu), cek juga setelan klep (servis rutin apabila mobil sudah mulai ngelitik dan tarikan berat), ganti oli sebelum waktunya (umumnya oli premium dapat digunakan sampai 5000 km, tapi tidak ada salahnya jika kita menggantinya pada saat sudah mencapai 4000 km)

  • Tekanan Ban

Rata-rata tekanan ban standar antara 30 – 32 psi

Sederhana memang, tapi bila kita berkendara dengan tekanan ban yang kurang, maka efisiensi putaran roda akan berkurang dan akan berat sehingga BBM yang di konsumsi pun akan lebih boros 10-15 %.

  • Beban Mobil

Kurangi barang bawaan yang tidak diperlukan dalam berkendara, semakin berat mobil, semakin besar pula tenaga yang dibutuhkan untuk menarik mobil.

  • Pengirit BBM

Produk pengirit BBM sudah banyak macamnya saat ini dan mudah dijumpai dimana-mana, seperti di bengkel bahkan juga di SPBU. Pilihlah sesuai rekomendasi yang teman-teman pernah pakai, namun bagi saya, lebih suka yang berbahan cair dan hanya dipakai pada saat perjalanan jauh.

  • Gaya Berkendara

Tidak perlu agresif dalam berkendara

Tidak perlu menginjak pedal gas berkali-kali saat berhenti atau di lampu merah. Hindari mengemudi secara agresif, menginjak pedal gas dan rem secara tiba-tiba dapat mengakibatkan meningkatnya konsumsi BBM, Usahakan melakukan pemindahan transmisi pada saat putaran mesin di 2300 rpm (mobil diesel) dan dibawah 3000 rpm (mobil bensin). Untuk kendaraan matic, kembalikan ke posisi netral (N) pada saat macet, jangan dibiarkan di posisi drive (D) pada saat macet.

  • Air Conditioner (A/C)

Matikan A/C apabila tidak diperlukan seperti pagi hari dan ketika sampai di kota yang udaranya sejuk.

  • Gunakan Mobil Saat Diperlukan

Nebeng teman bikin lebih hemat BBM

Gunakan mobil sebijak mungkin, bila tidak mendesak, sebaiknya memakai kendaraan umum. Salah satu tips lain adalah dengan bergantian ikut atau nebeng teman yang satu arah (apalagi kalau tebengannya kece dan mobilnya keren).

Author: @lukzmamen

Photo credits: creative commons by pixabay

Advertisements

2 thoughts on “7 Tips Sederhana Irit Konsumsi BBM Mobil

Budayakan Komen Yuk

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s